Selasa, 09 Oktober 2012

Semua Pasti Berubah

Perubahan.

Sebuah perubahan pasti akan ada dan selalu ada di kehidupan ini. Mau ngga mau, suka ngga suka, tiap makhluk hidup pasti mengalami perubahan, apalagi yang namanya manusia, makhluk ciptaan Tuhan dengan kompleksitas yang paling tinggi.
Perubahan itu ada yang bagus ada yang jelek, ada yang menyenangkan ada juga yang nyebelin. Semuanya tergantung dari perspektif masing-masing orang karena menurut saya perubahan itu subjektif.

Bagaimana kamu memandang dan menyikapi suatu perubahan itu jauh lebih penting dibandingkan hanya stuck di dalam perubahan itu, dan ngga berbuat apa-apa. Seakan-akan pasrah banget dengan perubahan itu. Padahal sebagai manusia, tentunya kita punya kendali terhadap perubahan perubahan yang terjadi dalam hidup kita.

Saya pribadi, sungguh menyadari terjadinya perubahan-perubahan dalam hidup saya. Baik kecil atau besar, positif atau negatif. Perubahan-perubahan itu bagian dari lika liku kehidupan saya.
Baik saya sadari maupun tidak perubahan itu pasti akan mengikuti perjalanan hidup saya. Karna dengan adanya perubahan maka akan ada perbedaan. Dengan adanya perbedaan, hidup akan semakin berwarna. Dengan adanya warna dalam hidup saya, maka hidup saya akan lebih bermakna lewat warna warna tersebut.

Dan untuk setiap perubahan, diperlukan waktu. Waktu sejenak untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Untuk bisa menyetir perubahan tersebut menuju jalan yang akan membuat kehidupan saya semakin lebih baik. Bersyukur sekali saya masih diberikan perubahan-perubahan oleh Tuhan. Berarti Tuhan ingin membuat saya mengerti dan mengatasi berbagai perubahan tersebut. Dengan kata lain, Tuhan sedang memproses saya lewat perubahan dalam hidup saya.

So, sebenarnya ngga perlu takut kalo sedang berada pada kondisi "perubahan" itu. Nikmati, pelajari, dan ambil sisi positifnya maka hidup ini akan selalu dijalani dengan rasa syukur, tanpa mengeluh.


.monanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar